Bahaya, Jangan Langsung Injak Rem Saat Ban Mobil Tiba-Tiba Pecah

Jangan menginjak rem secara mendadak saat ban mobil pecah. Simak tipsnya berikut ini.

ban mobil tiba-tiba pecah

Kepanikan saat ban mobil tiba-tiba pecah ketika berkendara membuat banyak pengemudi melakukan kesalahan yang berimbas kepada hilangnya kendali.

 

Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengemudi lain. Lalu, bagaimana cara mengendalikannya?

 

Salah satu caranya adalah jangan menginjak rem secara mendadak bila ban mobil tiba-tiba pecah, terlebih bila kamu melaju dengan kecepatan tinggi. 

 

Saat hal itu terjadi, laju mobil otomatis menjadi tidak seimbang atau oleng, dan membuat pengemudi kesulitan untuk mengendalikan arah. Hal ini bisa berakibat fatal, seperti menabrak hingga terguling.

 

Baca Juga : Benarkah Bahan Bakar yang Ada di Dalam Tangki Bisa Basi?

 

Untuk itu, usahakan jangan memperlambat laju mobil dengan menginjak pedal rem secara mendadak. Manfaatkan hentakkan perpindahan gigi persneling dengan benar untuk memperlambat laju mobil yang tidak seimbang.

 

Pastikan kamu tetap memegang stir mobil dengan kuat untuk mengarahkan mobil agar tetap seimbang. Setelah itu, lepaskan kaki dari pedal gas secara perlahan. 

Pastikan kamu bisa merasakan bagian ban yang pecah untuk segera melakukan penanganan. Lalu, bila laju mobil sudah menurun, aktifkan rem tangan dengan lembut untuk menghindari kemungkinan mobil terguling.

 

Baca Juga : 6 Tips Merawat Injeksi Mobil

 

Bersamaan dengan itu, lepas kaki dari pedal gas dan injak pedal rem perlahan-lahan. Jangan lupa untuk tetap mengendalikan setir dengan kuat.

 

Lakukan hal-hal tersebut sampai mobil berhenti. Usahakan kamu tetap mengendalikan mobil dan berhenti di bahu jalan. Jika sudah, segera aktifkan lampu hazard untuk memberi isyarat kepada pengendara lain.

 

Yang terpenting, kamu harus tetap tenang selama proses memberhentikan mobil. Bila panik, kamu cenderung sulit berkonsentrasi dan memungkinkan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya tidak perlu.

 

Untuk itu, sebelum berkendara, pastikan kondisi mobil terlebih dulu. Periksa tekanan ban mobil, apakah sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau belum. Apalagi bila kamu berencana untuk melakukan perjalanan jauh.

merawat ban serep

Sebaiknya, lakukan perawatan berkala untuk menghindari ban mobil tiba-tiba pecah saat berkendara. 


Baca Juga : Mobil Mengalami Masalah di Jalan Tol? Cek Tips Keselamatan Ini 

 

Kamu bisa menggunakan fitur Booking Service di Seva.id untuk melakukan perawatan berkala. Atau, kamu juga bisa menggunakan fitur Home Service untuk melakukan perawatan berkala di rumah.

 

Seva.id #BikinKamuSiap berkendara dengan aman dan nyaman.