Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Ubah tampilan mobil agar lebih nyaman dipakai harian butuh budget modifikasi mobil berapa sih? Baca selengkapnya di artikel berikut.

budget modifikasi mobil

Bagi yang mau mengubah tampilan mobilnya, perlu tahu berapa budget modifikasi mobil yang perlu disiapkan. Sebab, pada umumnya melakukan modifikasi mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Meski membutuhkan biaya yang relatif mahal, banyak pecinta otomotif yang rela menggelontorkan banyak dana demi mendapatkan tampilan mobil yang diinginkan.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Budget yang diperlukan untuk modifikasi tergantung dari bagian apa saja yang dimodifikasi serta komponen yang digunakan.

Lantas, berapa sih perkiraan budget modifikasi mobil yang dibutuhkan untuk mengubah mobil agar nyaman digunakan harian? Berikut penjelasannya.

budget modifikasi mobil

Konsep modifikasi

Sebelum membahas berapa perkiraan budget yang diperlukan, kamu perlu mengetahui lebih dulu seperti apa konsep dari modifikasi mobil. Apakah mau menggunakan gaya elegan, retro, racing, stance dan lainnya. 

Bagi yang ingin menjaga mobil agar tampilannya sederhana tetapi tetap terlihat mahal, bisa memilih gaya elegan. Sementara bagi yang ingin tampilan mobil lebih agresif, bisa memilih gaya racing atau stance.

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Namun, apabila kamu masih bingung mau memilih gaya modifikasi apa, bisa konsultasi dengan pihak bengkel spesialis modifikasi sekaligus meminta rekomendasi material yang sebaiknya digunakan, serta berdiskusi soal budget.

Tetapi sebisa mungkin sebelum datang ke bengkel spesialis modifikasi, sebaiknya mencari referensi terlebih dahulu mengenai beberapa gaya modifikasi yang kira-kira mendekati apa yang kamu inginkan.

budget modifikasi mobil

Bagian yang ingin dimodifikasi

Selain menentukan konsep modifikasi, kamu juga perlu menentukan bagian-bagian apa saja yang ingin dimodifikasi. Apakah mau modifikasi eksteriornya saja seperti bodi dan velg atau ingin sekalian mengubah tampilan interiornya juga, dan sebagainya.

Tetapi, kamu juga perlu memahami risiko yang mungkin terjadi apabila melakukan modifikasi di bagian tertentu. 

Baca juga: Kelebihan Mesin Diesel Masa Kini yang Makin Canggih

Misalnya, kalau membuat mobil lebih ceper atau yang permukaan bodi mobilnya rendah, harus berhati-hati pada saat melewati jalanan tertentu seperti polisi tidur karena dikhawatirkan akan mengenai bagian kolong mobil.

Kalau ingin mengubah warna mobil menjadi jauh berbeda dengan warna asli juga harus siap-siap untuk bikin STNK baru. Sebab, warna mobil harus sesuai dengan informasi yang tertera di STNK.

budget modifikasi mobil

Perkiraan budget modifikasi mobil

Setelah menentukan gaya dan bagian-bagian yang ingin dimodifikasi, selanjutnya masuk ke perkiraan budget yang perlu disiapkan untuk modifikasi.

Setiap bagian mobil memiliki biayanya tersendiri. Untuk penggantian ke velg racing misalnya, biayanya mulai dari Rp 4 juta tergantung dari berapa ukuran yang ingin dipesan serta model velg.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Selanjutnya, jika ingin membuat mobil lebih ceper, biasanya biaya jasa pemotongan suspensi mobil mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Sementara biaya untuk mengganti suspensi mobil kembali seperti semula dapat mencapai Rp 7 juta.

Jika ingin melapisi bodi mobil dengan stiker atau decal biayanya tergantung dari ukuran mobil serta bagian yang ingin dilapisi stiker. Melapisi seluruh bodi mobil dapat menghabiskan biaya mulai dari Rp 3 juta.

Area knalpot juga kerap jadi bagian mobil yang dilakukan modifikasi. Range biayanya juga beragam, tergantung knalpot yang digunakan dan custom yang dilakukan.

Baca juga: Kelebihan Penggerak Roda Depan pada MPV Masa Kini

Knalpot racing buatan lokal harganya mulai dari ratusan ribu hingga Rp 5 jutaan. Sedangkan harga knalpot impor terutama dari merek terkenal Jepang bisa mencapai belasan hingga puluhan juta untuk satu set full system.

Bagian mobil lainnya yang dilakukan modifikasi adalah body kit, seperti side skirt, spoiler, diffuser dan lainnya. Biaya pemasangannya per bagiannya mulai dari Rp 1 juta, tetapi kalau sudah custom biayanya bisa mencapai Rp 20-25 juta.

Apabila dijumlahkan perkiraan budget modifikasi mobil harian yang harus disiapkan kurang lebih mulai dari Rp 5 juta dan dapat mencapai puluhan juta rupiah. 

Nah, bagi kamu ingin tertarik dengan modifikasi, bagian mobil mana nih yang akan kamu ubah tampilannya?