Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Ngantuk saat mengemudi mobil di perjalanan jauh tentunya sangat berbahaya. Agar itu tidak terjadi, yuk simak tips-tips untuk mencegahnya!

ngantuk saat mengemudi

Ngantuk saat mengemudi dalam melakukan perjalanan jauh bisa sangat membahayakan. Tidak hanya bagi pengendaranya itu sendiri, tetapi juga bisa membahayakan pengendara lainnya.

Mengemudikan kendaraan ketika harus melakukan perjalanan jauh memang rawan sekali membuat kantuk. Apalagi jika sebelumnya tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mudah ngantuk saat mengemudi kendaraan. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

istirahat cukup

Istirahat yang cukup

Alasan yang paling sering terjadi ketika seseorang ngantuk saat mengemudi adalah waktu istirahat yang kurang. Sebelum mengemudi jarak jauh, usahakan untuk mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup yaitu sekitar 7-8 jam. 

Baca juga: Manfaat Tune Up Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Waktu tidur yang kurang dapat membuat seseorang mengantuk, dengan begitu fokus ketika mengemudikan kendaraan juga jadi berkurang. Untuk itu, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur dan istirahat yang cukup sebelum mengemudi dalam jarak yang cukup jauh.

ngobrol sama teman

Mencari teman 

Memiliki teman mengobrol ketika sedang mengemudi dalam jarak yang jauh bisa menjadi pilihan agar tidak mengantuk. Mengobrol dengan orang lain, bisa menghilangkan rasa kantuk sedikit demi sedikit. 

Selain bisa menjadi teman ngobrol, teman dalam perjalanan juga bisa menjadi supir cadangan ketika sudah lelah mengemudi. Atau bisa juga menjadi pengawas jika mengemudi terlalu cepat. 

mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu-lagu kesukaan

Cara lain untuk menghindari ngantuk saat mengemudi adalah dengan mendengarkan lagu-lagu favorit. Mendengarkan lagu-lagu yang disukai bisa membantu tetap fokus selama mengemudi.

Baca juga: Penyebab Mobil Overheat Saat Digunakan Perjalanan Jauh

Usahakan untuk memilih lagu yang sudah hafal liriknya agar dapat bernyanyi atau bersenandung di sepanjang perjalanan. Bersenandung juga bisa sangat bermanfaat bagi untuk merangsang otak tetap waspada. 

minum kopi

Mengonsumsi kafein 

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sering menjadi pilihan ketika seseorang merasa ngantuk saat mengemudi. Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. 

asupan makanan

Perhatikan asupan makanan dan minuman

Terkadang makanan atau minuman tertentu bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh. Dianjurkan untuk tidak minum-minuman beralkohol ketika sedang mengemudi karena bisa sangat berbahaya. 

Baca juga: Alasan Pabrikan Menyarankan Gunakan Oli Mesin Resmi

Selain itu usahakan untuk tidak makan dengan porsi yang terlalu besar sebelum perjalanan agar terhindar dari rasa kantuk. Asupan cairan juga harus dipenuhi agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

ngantuk saat mengemudi

Berhenti sebentar

Jika memang rasa ngantuk tersebut sudah tidak bisa dihindari, alangkah baiknya untuk menghentikan kendaraan sejenak di tempat yang aman. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak dan mengusir rasa kantuk atau lelah. 

Dengan beristirahat sejenak, pengemudi juga bisa terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan jika harus memaksakan ketika tubuh sudah merasa ngantuk atau lelah.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Nah itulah cara-cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari rasa ngantuk saat mengemudi. Selain persiapan dari segi fisik, jangan lupa juga untuk mempersiapkan kondisi kendaraan agar tetap prima ketika dalam perjalanan. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.