Harga Paint Protection Film (PPF) dan Kelebihan Memasangnya

Ingin tahu berapa harga paint protection film (PPF) yang bisa menjaga tampilan cat mobil kesayangan? Selengkapnya ada di artikel ini.

harga paint protection film

Buat yang ingin melindungi bodi mobil, mungkin butuh tahu harga paint protection film agar bisa menyiapkan budget untuk melakukannya.

Fungsi Paint protection film atau PPF adalah salah satu metode perawatan bodi mobil yang dapat memberikan perlindungan tambahan agar cat bodi mobil tetap terjaga.

Caranya dengan menambahkan lapisan film elastis dan tebal ke bodi mobil. Bisa dikatakan seperti melakukan laminating pada mobil. 

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Pengaplikasian paint protection film ini biasanya kerap digunakan untuk mobil-mobil premium seperti mobil sport atau super car.

Nah, kira-kira berapa sih harga paint protection film dan apa kelebihan yang didapatkan setelah memasangnya? Berikut penjelasannya.

harga paint protection film

Kelebihan paint protection film

Penggunaan paint protection film dapat membuat mobil terlihat indah dan mengkilap dengan waktu yang lebih lama hingga lima sampai 10 tahun berkat lapisan film yang tebal dan transparan.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Audio Mobil

Selain itu, paint protection film juga mampu melindungi permukaan cat dari goresan beda tajam seperti kerikil atau baret karena benturan dan baret halus dari pencucian mobil.

Lapisan tersebut juga dapat melindungi cat dari air dan kotoran yang menempel sehingga mudah dibersihkan dan tampilan fisik tetap terjaga.

Tak hanya mampu melindungi permukaan bodi, kelebihan utama dari lapisan film ini mampu menjaga warna asli cat mobil agar tetap cerah, terhindar dari masalah cat menguning dan menghasilkan tampilan wet-look.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Berbeda dengan coating yang menggunakan zat kimia yang dioleskan ke permukaan bodi dan hanya melindungi cat mobil dalam jangka waktu singkat. 

Proses coating juga memungkinkan lapisan cat orisinal terkikis. Jadi, kondisi cat mobil sudah mulai memudar dan baret, maka perlu dilakukan coating kembali.

Apabila menggunakan paint protection film, pemilik mobil tidak perlu sering-sering mengaplikasikan ulang lapisan pelindung. Lapisan film ini memiliki sifat self-healing yang memiliki level toleransi tertentu terhadap kerusakan.

harga paint protection film

Harga paint protection film

Lantas, berapa sih biaya pemasangan paint protection film (PPF) yang ditawarkan oleh salon mobil atau spesialis auto detailing? Harga dari pemasangan PPF tergantung dari ketebalan serta kualitas dari lapisan filmnya. 

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Mengingat lapisan film pada PPF yang mampu melindungi permukaan cat mobil dalam waktu yang lama, maka biaya pemasangannya pun tergolong fantastis. Mulai dari Rp 15 juta bahkan dapat mencapai Rp 50 juta hingga Rp 60 juta. 

Kalau ingin PPF yang lebih terjangkau, bisa memilih Vinyl Protection Film (VPF) yang menggunakan bahan polyvinyl chloride (PVC) atau sering disebut PPF versi ekonomis.

Namun, bahan pada VPF tidak punya sifat self-healing dan hanya mampu menahan goresan sampai 2 tahun dan lama kelamaan warnanya akan menguning.

harga coating mobil

Apabila ingin PPF dengan kualitas lebih bagus, bisa menggunakan PPF berbahan TPH atau polyurethane yang sudah bersifat self-healing yang mampu bertahan hingga 5 tahun.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Sedangkan bagi yang menginginkan proteksi yang lebih lama dengan kualitas bahan terbaik biasanya yang digunakan adalah TPU (thermoplastic polyurethane). Daya tahannya bisa hingga 10 tahun, tetapi memang harganya jauh lebih mahal.

Jadi, harga paint protection film itu memang mahal dan perlu menyiapkan budget. Tetapi, hasil yang didapatkan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan

Lapisan film tersebut dapat melindungi permukaan bodi mobil hingga bertahun-tahun sehingga tidak perlu sering keluar uang untuk perawatan eksterior mobil.

Apakah kamu tertarik mencoba perawatan PPF?