Search Cars

Tips & Rekomendasi

Komponen Apa Saja yang Wajib Dicek saat Servis Berkala Usai Mudik

Setelah digunakan menempuh perjalanan mudik, beberapa komponen mobil ini wajib dicek saat servis berkala. Apa saja?

Setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang, berbagai komponen pada mobil perlu dicek saat servis berkala. Hal ini guna mengantisipasi manakala ada komponen yang perlu diganti.

Karena semua komponen yang ada di dalam mobil memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya guna menjaga kondisi pada mesin. Jika salah satu mengalami kerusakan dan dibiarkan begitu saja, maka akan merambat ke komponen lainnya.

Apa saja sih komponen-komponen tersebut? 

Ban mobil

Ban mobil merupakan komponen luar yang langsung berhadapan dengan jalanan yang dilewati. 

Baca juga: Siapkan Saldo e-Toll untuk Mudik Lebaran, Ini Tarif Tol Trans Jawa

Terkadang ketika mengemudikan mobil sering kali tidak hati-hati dan malah menerabas jalan berlubang atau tidak rata dengan kecepatan tinggi. Untuk itu, ban perlu dicek saat servis berkala seusai mudik.

Apabila ketebalan pada ban sudah menipis maka akan mengurangi kemampuan daya cengkramnya, dan bisa menjadi penyebab risiko terjadinya kecelakaan. Jika sudah seperti itu usahakan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Kampas rem

Fungsi utama kampas rem yaitu mempermudah sistem pengereman mobil. Kampas rem juga berfungsi sebagai pengatur laju ban mobil. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Penggunaan mobil secara terus menerus akan membuat kampas rem menjadi menipis. Ada berbagai efek buruk yang akan terjadi jika menggunakan kampas rem dengan kondisi tersebut, seperti timbulnya suara decitan saat mengerem mobil hingga bisa saja rem blong. 

Filter AC

Apabila filter AC jarang dibersihkan atau diganti bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri maupun kuman akibat menumpuknya kotoran.

Hal tersebut akan membuat kinerja pada filter AC tidak maksimal lagi. AC pun tidak terasa dingin seperti biasanya dan yang pasti akan mengganggu kenyamanan penggunanya.

Baca juga: Tips Atur Barang di Bagasi Mobil Untuk Mudik

Maka dari itu filter AC pada mobil wajib dicek saat servis berkala. Apabila kondisinya sudah tidak lagi prima, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Kampas kopling

Jika mobilmu menggunakan transmisi manual, menipisnya kampas kopling akan berpengaruh terhadap tenaga mesin yang tidak bisa maksimal saat dialirkan ke ban. 

Kampas kopling yang mulai aus bisa dirasakan bila saat di tanjakan dalam kondisi stop and go. Kampas kopling yang panas dan aus akan mengeluarkan aroma menyengat.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil Nyaman Buat Harian dan Mudik

Usahakan saat ingin mengganti kampas kopling setiap mobil menempuh jarak 10.000 kilometer hingga 50.000 kilometer.

Busi

Busi sendiri memiliki fungsi utama untuk menyalakan mesin mobil dengan memercikkan api ke dalam ruang bakar yang telah terkompresi dengan campuran bensin dan udara.

Lalu jika bahan bakar pada mobil mulai terasa boros, maka perlu mengganti komponen busi dengan yang baru. Busi perlu diganti apabila setiap mobil sudah menempuh jarak 20.000 kilometer.

Filter udara

Berfungsi menyaring udara yang masuk pada mesin sebelum diteruskan ke ruang pembakaran pada mobil, apabila filter sudah terlalu kotor maka akan menghambat udara yang masuk ke ruang pembakaran mobil. 

Baca juga: 600 Teknisi Astra Siaga Lebaran 2022 Siap Bantu Bikin Nyaman Perjalanan Mudik

Akibatnya penggunaan bahan bakar jadi semakin boros. Usahakan untuk menggantinya setiap mobil menempuh jarak sekitar 40.000 kilometer.

Aki

Komponen penting lainnya yang wajib dicek saat servis berkala adalah aki. Ciri bahwa aki perlu diganti yaitu jika sistem alarm pada mobil mati. 

Selain itu, air pada aki basah perlu ditambah secara rutin. Hal ini dilakukan guna menghindari kinerja mesin yang akan melemah. Baik aki basah maupun aki kering perlu diganti jika sudah mencapai usia pakai antara 1 sampai 3 tahun.

Filter oli dan oli mesin

Komponen mobil yang satu ini wajib untuk selalu diperhatikan. Penggunaan oli terlalu lama akan menyebabkan masalah besar pada mobil, yakni penurunan kinerja pada mesin mobil.

Baca juga: Map Bale Siaga dan Bale Santai, Lokasi Astra Siaga Lebaran 2022 

Selain harus mengganti oli secara teratur, penggantian filter oli juga perlu dilakukan. Apabila filter oli sudah usang dan kotor maka proses penyaringan tidak maksimal. Oleh karena itu, oli mesin maupun filter oli perlu dicek saat servis berkala.

Lampu

Komponen ini seringkali dianggap remeh oleh para pemilik mobil. Setiap kendaraan tidak luput dengan penggunaan lampu. Semakin sering menggunakan mobil maka usia lampu juga akan semakin pendek.

Usahakan ketika ingin memasang, harus dilakukan dengan benar agar lampu tahan lama dan bisa menghemat bahan bakar pada mobil. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan secara rutin.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru 

Untuk usia penggunaan lampu pada mobil biasanya selama 1,5 tahun. Jika lampu sudah mulai redup disarankan untuk segera menggantinya.

Nah, itu tadi beberapa komponen yang bisa dicek saat servis berkala. Supaya mobil selalu dalam kondisi prima, apabila ada komponen yang sudah tidak optimal lebih baik segera diganti ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.